Thursday 16 November 2017

Rumus Hexa Ke Binary Options


Hepiniz ok tatlsnz, bebekler daha da tatl. Sol de bataki de ok yakkl. Benim de bir bebeim olsayd, kesin katlrdm, Gktrk sakiniyim, sayfanz, severek, takip, ediyorum. Daha dorusu kafamda bu tarz bir sayfa oluturmak fikri vard, siz benden nce davranmsnz, artek bana keyifle takip etmek kald. Sevgiler Oznur Bu sayfa sadece benim olmo gnl ister ki sizin gibi dnenler de katkda bulunsun. Ltfen yazmak istediiniz Eyler varṣa bana Iletin yazar olarak sizin adnzla sizin yazlarnz da yaynlayalm8230 Ancak bien gaddar bir editrm vardr yaznz ayn yaynlanmayabilir bien teekkr ederiz8230 71 meses, 4 semanas hace memnuniyetle iletirim. Sevgiler. Sevgili anneler, aada firmam y alakal bilgiler bulunmaktadr. Gzel bir websitesi antiguo sizlerle paylamak istedim. Irketimiz Gktrktedir. Sayglarmla Serkan Sorgu Kemerburgaz ve Gktrkte, evlerinize ve villalarnza, konusunda tecrbeli, hijyene nem veren, referansl Yatl veya Gnzl ocuk Bakclar, Bebek bakclar, Temizlikiler bulunur. tel: 0212 322 92 39 8211 0530 315 78 35 M. S.S Danmanlk Mehmet Serkan Sorgu IKur Belge Nº: 420 4904 SAYILI TRKYE kurumu kanunu Gerence, ARAYANLARDAN CRET ALINMASI YASAKTIR irketimiz Yabanc Uyruklu Elemanlar ile almamaktadr. Se agregó el comentario sobre el éxito. Rsaquo Actualiza la página para ver tu comentario. (Si su comentario requiere moderación, se agregará pronto.) QBasic menyediakan bebiendo perritos que no son muy buenos akses Nivel bajo akses memoria langsung maupun akses ke nomor port tertentu. Walaupun fasilitas Nivel bajo yang disediakan sangat terbatas jika dibandingkan dengan akses Nivel bajo Turbo Pascal maupun C Lengua. Akses Nivel bajo sangat menarik bagi programador-programador muda, karena mampu menghasilkan proses-proses yang tidak mungkin dilakukan dengan menggunakan pemrograman yang normal. Beberapa perintah QBasic yang berkaitan dengan akses Nivel bajo adalah: SEG SEG alamatsegment PEEK (alamatoffset), digunakan untuk mengambil datos byte yang dari alamat memori segmento: offset. POKE alamatoffset, ekspresi, digunakan untuk mengisi ekspres byte ke alamat memori segmento: offset OUT nomorport, ekspresi, digunakan, mengakses port dengan nilai ekspresi. INP (puerto de nomenclatura), digunakan untuk mengambil nilai dari port. 8216Anda de Dapat mengetahui tanggal ROM BIOS Anda dengan menggambil 82178 bytes dari Muley alamat FFFF: 0005 CLS PRINT 8220Tanggal Bios komputer Anda: 8221 8216Set datos Segmento ke hexa FFFFF DEF SEG ampHFFFF FOR i 0 a 7 8216Mencetak byte por Dari desplazamiento de bytes hexa 0005 PRINT CHR ( PEEK (i 5)) NEXT i 8216Anda de Dapat mengetahui jumlah RAM komputer Anda dengan menggambil 82171 palabras (1 palabra de 2 bytes) alamat dari 0040: 0013 8216Dalam hal ini RAM adalah konventional Segmento Memory8217 conjunto de datos ke hexa 0040 DEF SEG ampH40 RAM PEEK (ampH13 ) PEEK (ampH14) ampH100 IMPRIMIR 8220Jumlah memoria konventional: 8221 RAM 8220KB8221 8216Pada jaman kejayaan DOS, dan diskete penyimpanan medios sebagai, 8216Virus arranque adalah Virus yang sangat terkenal Virus misalnya 8216C cerebral, Empedrado, Miguel 8216Salah satu metode melacak keberadaan virus de inicio di memoria Komputer 8216kita adalah memeriksa konventional 8216Jika jumlahnya lt 640, maka komputer dicurigai mengandung Boot de virus 8216Anda dapat menggambil Reloj en tiempo real PC de memanfaatkan 8216Port 70H dan 71H, registro de pada. 8216 00 RTC segundos 8216 02 RTC minutos 8216 04 RTC horas 8216 06 RTC día de la semana 8216 07 RTC día del mes 8216 08 RTC mes 8216 09 RTC año 8216Masukkan registro yang akan dibaca / tulis ke puerto 70h8217 baca / tulis pada puerto 71h IMPRIMIR 8220Tanggal (HH), 823/8221 OUT HF (INP (ampH71)) 8220/8221 HORA DE SALIDA (INP (ampH71)) 8220/8221 HORA DE SALIDA (INP (ampH71) 8220: 8221 OUT AMPH70, 4 IMPRIMIR HEX (INP (ampH71)) LOOP hasta la entrada 82208221 8216Anda dapat Menghapus Configuración de BIOS de código abierto 8216 Diambil dari software BIOS 3.1 Crack 8216 8216Catatan. programa mencoba Jangan ini tanpa pengetahuan tentang 8216setting BIOS, segala yang Anda lakukan adalah resiko Anda 8216sendiri 8216 8216mov dx, 070h 8216mov al, 02Eh 8216out dx, al 8216inc dx 8216xor col, col 8216out dx, al 8216mov dx, 070h 8216mov al, 8216out 02Fh dx, al 8216inc dx 8216xor col, col 8216out dx, al 20h 8216int 8216 8216Adapun Kode QBasicnya berikut adalah sebagai: 8216 IMPRIMIR 8220Program restablecer BIOS8221 IMPRIMIR 8220Proses 82308221 OUT ampH70, ampH2E OUT ampH71, ampH00 OUT ampH70, ampH2F OUT ampH71, ampH00 IMPRIMIR 8220Selesai 8221 FIN Modul 2- STRUKTUR kENDALI SI Modul 2 QBasic STRUKTUR kENDALI SI Struktur kendali memegang peranan yang sangat Penting dentro de un programa de pembuatan dengan komputer, tanpa adanya struktur kendali kita hanya de Dapat membuat programa yang Sederhana dimana prosesnya hanya dijalankan dari Baris Pertama sampai selesai. Pada kasus - kasus tertentu, ada kalanya baris tertentiu tidak boleh dilaksanakan apabila kondisi tidak dipenuhi, ataupun baris-baris terttentu harus diulang sampai suatu kondisi terpenuhi. Dengan perintah prueba pilihan seorang programar dapat menentukan jalur-jalur proses yang harus dikerjakan oleh komputer berdasarkan logika tertentu. 1. Pilih Tambahan Si ekspresi logika Luego Declaración 8230 Terminar Si Berfungsi menentukan apakah kondisi (ekspresi logika) memenuhi syarat untuk melaksanakan Declaración-Declaración yang di samping IF Luego ataupun berada dalam Bloquear IF Then-End If. Si Nikah 8220Y8221 Luego PTKP PTKP 120000 Final Si Keterangan. Jika nikah estado adalah 8220Y8221 (Ya), maka PTKP (Penghasilan TIDAK Kena Pajak) ditambah 120000 2. Selecciona Antara Dua SI Ekspresi logika Entonces Sentencia1 8230 Else Sentencia2 8230 Fin Si Berfungsi menentukan bloque de instrucciones de maná yang dilaksanakan Akan komputer, jika Ekspresi logika menghasilkan je de calificación Benar maka Declaración1 akan dilaksanakan dan sebaliknya dengan Declaración2. Si JlhAnak gt 3 Entonces PTKP PTKP (3 120000) Else PTKP PTKP (JlhAnak 120000) Fin Si Keterangan. Jika Jumlah Anac Diatas 3 Orang, maka PTKP ditambah 360000, sebaliknya adalah JlhAnak dikali 120000. 3. Selecciona Antara Banyak SI Ekspresi logika 1 Entonces Sentencia1 8230 elseif Ekspresi logika 2 Entonces Sentencia2 8230 ENDIF ELSE Berfungsi menentukan bloque de instrucciones yang maná Akan dijalankan oleh komputer sesuai Dengan ekspresi logika yang menghasilkan nilai benar PKP Penghasilan 8211 PTKP 8216 Penghasilan Kena Pajak 1 Bulan PKPT PKP 12 8216 Penghasilan Kena Pajak 1 Año Si PKPT LT Luego PPH 0 elseif PKPT lt 25000000 Luego PPH PKP 0,05 elseif PKPT lt 50000000 Luego PPH 1250000 (PKPT-25000000) 0,1 elseif PKPT lt 100000000 A continuación, la HPP 1250000 2500000 (PKPT-50000000) 0,25 elseif PTKP lt 200000000 Entonces PPH 1250000 2500000 7500000 (PKPT-100000000) 0,25 Else PPH 1250000 2500000 7500000 25000000 (PKPT - 100000000) 0.35 final Si PPHB HPP / 12 8216 Pajak Penghasilan Bulan Tersebut Keterangan. PPH dihitung berdasarkan PKPT atau Seleccione el caso Variabel Case ekspresi 1 Statement1 8230 Caso ekspresi 2 Statement2 8230 8230 Caso Else 8230 End Select Contoh. Seleccione la caja PKPT Caso lt 0 PPH lt 0 Caso 25000000 PPH PKP 0,05 Caso lt 50000000 PPH 0.1 Caso 1250000 (PKPT-25000000) lt 100000000 PPH 1250000 2500000 (PKPT-50000000) 0,15 Caso lt 200000000 PPH 1250000 2500000 7500000 (PKPT-100000000) 0,25 Caso ELSE PPH 1250000 2500000 7500000 25000000 (PKPT - 100000000) 0.35 Fin Seleccione Contoh Lain. Entrada 8220Masukkan Hari (1-7) 8221, Hari Hari Select Case Caso 1 Caso 2 8220Senin8221 Imprimir Imprimir 8220Selasa8221 Caso 3 Caso 4 8220Rabu8221 Imprimir Imprimir 8220Kamis8221 Caso 5 Caso 6 8220Jumat8221 Imprimir Imprimir 8220Sabtu8221 Caso 7 Imprimir 8220Minggu8221 Case Else Imprimir 8220Tidak ada8221 End Select Modul 1- Dasar Qbasic 183 183 BAHASA PEMROGRAMAN BÁSICO dengan Quick BASIC Oleh. Hendra, ST. Módulo 1 DASAR-DASAR QBASIC Bahasa BASICO dibuat oleh Juan G. Kemmeny dan Thomas E. Kurtz lebih dari 20 tahun yang lalu dan merupakan bahasa tingkat tinggi yang relativo mudah dipelajari dan dimengerti. Dalam perkembangannya. Bahasa BASIC dikembangkan dalam dua jenis, intérprete yaitu dan compilador. Intérprete seperti GW - BÁSICO pada sistemática MS-DOS, maupun BASICA pada sistemática PC-DOS, sedangkan salah satu compilación yang terkenal adalá Quick BASIC yang dilengkapi dengan sistem pemrograman yang terstruktur, Quick Library, ayuda en línea yang terpadu, editor yang Efisien (bisa merapikan teks serta memberitahukan kesalahan sintaxis penulisan suatu perintah) MENGAKTIFKAN QUICK BASIC Untuk mengaktifkan Quick BASIC sistema de dioptrías Quick BASIC yang mínimo archivo terdiri dari QB. EXE / QBasic. EXE. Jika kita telah memiliki archivo tersebut tinggal diberi perintah QB pada Dos Prompt. Contoh AgtQB Setelah pemberian perintah tersebut, pemakai akan dihadapkan kepada suatu editor sebagai tempat pengetikan programa yang akan dikembangkan. Dibagian atas redactor del menú del perintah del menú del yang del diafragma de los diafragmas y de la bandera de la bandera del mundo. 821282128212821282128212 archivo de programa memulai / Nuevo Programa baru abierto Program8230 dari programa memuat disquete ke ke RAM Guardar disquete programa menyimpan (archivo. BAS) Guardar As8230 menyimpan ke programa nama de Más 821282128212821282128212 Print8230 impresora ke programa mencetak 821282128212821282128212 salida keluar ke Dos permanen 821282128212821282128212 / Editar / 8212821282128212821282128212- Deshacer AltBackspace membatalkan Perubahan terakhir Cut ShiftDel memotong tulisan Blok ke copia del portapapeles CtrlIns menduplikasi tulisan Blok ke ClipBoard ShiftIns Pegar menyisip posisi ClipBoard ke KURSOR Claro Del menghapus tulisan Yang di Blok 8212821282128212821282128212- Nueva SUB8230 Nueva FUNCTION8230 8212821282128212821282128212- / Opciones / 821282128212821282128211 Display8230 mengatur tampilan Layar Ayuda conjunto predeterminado Camino mengatur Ruta Dos comprobación de sintaxis de programa menjalankan mengatur keaktifan pemeriksaan sintaxis 821282128212821282128211 / Ejecutar / 8212821282128212821282128212 inicio ShiftF5 yang aktif Reiniciar mereset programa de la memoria Continuar programa F5 melanjutkan yang terhenti 8212821282128212821282128212 / membuat pROGRAMA PADA Quick Basic Apa yang dimaksud dengan pemrogram komputer Pemrograman komputer Berarti anda memberitahukan kepada komputador ada yang anda ingin dia lakukan. Untuk memberitahukan komputer apa yang harus dia lakukan, anda membutuhkan kata-kata khusus (palabras especiales). Kata-kata ini disebut sebagai kata-kata kunci (palabras clave). Ketika anda menempatkan kata-kata en el programa y un sehingga kelihatan seperti kode khusus (código especial) yang disebut sebagai CODIGO que pekerjaan menulis programa disebut CODIGO. KATA, DATA, PERINTAH, dan FUNGSI BANTU el programa del merupakan del utama suatu yang el saling berinteraksi. Pembuatan program dalam Rápido BASIC tidak terlepas dari keempat komponen di atas dalam baris-baris perintah yang berkapasitas maksimum 256 caracteres yang mencakup identitas bar, perintah, dan kata-kata (Observación). Identitas Baris bisa berupa Nomor Baris (0-65529) menjaga kompatibilitas dengan GWBASIC maupun BASICA, dan bisa berupa etiqueta dengan ketentuan: - Maksimum 40 caracteres, dimulai dengan huruf A..Z, diakhiri dengan Tanda: 8211 huruf besar / Kecil sama, tidak Sama dengan reservado palabra, dan tidak pakai spasi Setiap proses yang berhubungan dengan pengolahan datos biasanya memerlukan tempat penampung sementara dalam memoria yang disebut variabel dan dalam pengolahannya operador diperlukan dan fungsi bantu. Jenis Tipo Variabel pada básico rápida: / 8212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128211 Tipo de datos SuffixMaximum Tamaño mínimo 8212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128211 Cuerdas 32.767 caracteres. 0 caracteres. Enteros 32.767 -32.768 2 Enteros largos amplitudes 2,147,483,647 -2,147,483,648 4 Precisión única (7 dígitos). 3.402823 1.401298 E38 E-45 4 Doble (15 dígitos) de precisión 1.7976931 D3084.940656 D-324 8 definidos por el usuario Tipos de datos 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212- / 821282128212821282128212821282128212 / Nama variabel juga memiliki ketentuan Antara permanecido: 8211 Maksimum 40 caracteres, dengan diawali huruf A..Z, diakhiri dengan,, amp. Untuk menunjukan tipo 8211 Tidak boleh sama dengan palabra reservada, tidak boleh pakai spasi dan carácter spesial. Operador pada Quick BASIC dibagi atas 5 jenis, antara lain: 1. Operadores aritméticos. melakukan Tugas perhitungan / 8212821282128212821282128211 / 821282128212821282128212821282128212- OperatorKegunaan OperatorKegunaan 8212821282128212821282128211 821282128212821282128212821282128212- Pangkat Pembagian número entero 8211 Negativo MOD Sisa bagi Perkalian Penjumlahan / Pembagian 8211 Pengurangan 8212821282128212821282128211 / 821282128212821282128212821282128212- / 2. Los operadores relacionales. cuerdas membandingkan dan je de calificación numerik / 8212821282128212821282128212821282128212821282128211 OperatorKegunaan 8212821282128212821282128212821282128212821282128211 Sama dengan ltgt TIDAK sama dengan lt Lebih Kecil gt Lebih besar lt Lebih Kecil atau sama dengan gt Lebih atau besar sama dengan 8212821282128212821282128212821282128212821282128211 / operadores relacionales Akan menghasilkan Dua kemungkinan je de calificación yaitu -1 jika benar dan 0 jika Salah 3. Operadores lógicos. kondisi prueba dan manipulasi bits / 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128211 Expresi1Expresi2 NOT AND OR XOR EQV IMP 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128211 T V F V V F T T T F F F V V F F F V V F V F V F V F V F F F T T 821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128211 / operadores funcionales. Operador pelengkap Operadores de cadenas. Mengabung (), dan membandingkan Cadena PERINTAH DASAR ENTRADA SALIDA Komputer hanya melaksanakan apa yang diperintahkan pemrogram. Jadi, programa de la memoria del programa para el masyah de suatu, kita harus tahu cara penyelesaiannya. Untuk itu diperlukan tahap - tahap dalam menyelesaikan masalah tersebut. ENTRADA DE SALIDA merupakan awal dan akhir pengolahan suatu data. Tanpa proses INPUT, kita, tidak, dapat, memperoleh, datos, datos, datos, yang, tela, selesai, diolah, tidak, akan, berarti, tanpa, proses, OUTPUT. Sintaxis: entrada solicitan, Var lista de lista de impresión expresion Contoh 1: REM Programa mencari Isi Bujursangkar ENTRADA 8220MASUKKAN SISI BUJURSANGKAR: 8221, S ISI SS GTGT ISI UIT bisa di ganti apa apa karena ISI adalah nama variabel IMPRIMIR 8220ISI DARI BUJURSANGKAR ADALAH: 8221, ISI END Contoh 2: Programa REM Datos Isi ENTRADA 8220MASUKKAN NAMA ANDA 8220NM ENTRADA 8220MASUKKAN UMUR ANDA 8220UR ENTRADA 8220MASUKKAN TGL, BLN, THN HARI INI 8220TG, BL, TH IMPRIMIR 8220NAMA. 8220NM IMPRIMIR 8220UMUR. 8220UR IMPRESIÓN 8220TANGGAL. 8220TG IMPRIMIR 8220BULAN. 8220BL IMPRIMIR 8220TAHUN. 8220TH FIN Catatan: Untuk memberi keterangan pada de Dapat programa digunakan REM atau 8216 1. Aktifkan QBASIC. EXE, dan Anda Akan dihadapkan pada Suatu cuadro de diálogo de bienvenida, Tekan Esc Untuk mengabaikannya. Selanjutnya y un akan melihat lingkungan kerja QBasic yang terbagi atas dua bagian. Bagian atas adalah 8220Jendela Editor8221 dan Bagian bawah adalah 8220Jendela Immedietly8221. 2. Tecla de función del tekan (P6), tecla de la función del tekan (F6) para el menguante Jendela Immedietly, dan (F6) sekali lagi untuk sebaliknya. 3. Prendas de vestir de la marca de fábrica de la impresión de la impresión de la impresión del pergamino (). 1 2 Penjumlahan 2 8211 1 Pengurangan 2 3 Perkaliano 5/2 Pembagian 5 2 mengapa. Pembagian bulat 5 Mod 2 mengapa. Sisa bagi 32 Pangkat 1262 / 4-1 Operasi Urutan (12) 62 / 4-1 Prioritas Operasi Tuliskan kesimpulan Anda tentang: 1. 2. Pembagian bulat sisa bagi 3. Urutan Operasi 4. Prioritas Operasi 1 2 gt Lebih besar 1 1 lt Lebih Kecil 2 2 sama dengan 2 gt 2 Lebih atau besar sama 1 lt 2 Lebih Kecil atau sama 3 ltgt 3 tidak sama dengan Mengapa True (-1) dan Falso (0) (1 GT 2) y (2 2) Operasi y ( Operas y (1) 2) Operas y (1) 2) Operas y (2) Operas y (2) Operas Or (1 lt 2) Operasi Or (3 ltgt 2) y (1 lt 2) Operasi Or (1 lt 2) Operasi Or (1 gt 2) Operor Xor (2 2) 1 2 Operador Xor (1 lt 2) Operador Xor (1 lt 2) Operador Xor (3 ltgt 2) Operador Xor (1 gt 2) Eqv (2 2) Operasi Eqv 1 GT 2) Eqv (1 lt 2) Operasi Eqv (1 lt 2) Eqv (2 2) Operasi Eqv (3 ltgt 2) Eqv (1 GT 2) Operasi Eqv (1 GT 2) Imp (2 2) Operasi Imp ( 1 gt 2 Imp (1 lt 2) Imp Operasi (1 lt 2) Imp (2 2) Operasi Imp (3 ltgt 2) Imp (1 gt 2) Operasi Imp Not (1 gt 2) Operasi Imp Not (2 gt 2 ) Operasi Imp Not (1 gt 2) Or (2 2) Y (3 lt 2) Operación urutana Tuliskan kesimpulan yun tentang urutan operasi pada operator logika. 4. Ketiklah ekspresi berikut pada jendela immedietly. A 123 B 1234567890 C 32767 D 100000 Desbordamiento, mengapa. Humedad 100000 E 8220Indoprog8221 F 123 Tipo de desajuste, mengapa. G 8220hendra8221 Tipo no coincidente, mengapa. Se esperaba H1 123. Final de la declaración, mengapa. Nilai ujian 90 Error de sintaxis, mengapa. 5 esperados. Variable o fin de declaración. Cls 6 esperado. Variable o fin de declaración. A 1.2 Berapa nilai A. A 1.5 Berapa nilai A. Tuliskan kesimpulan anda tentang variabel dan nama variabel 5. Cálculo de la calidad de la impresión digital (). 1 1 1 8220100 Tipo de coincidencia, mengapa. 8220A8221 8220B8221 Tuliskan kesimpulan y un operador pada tipo de datos. 6. Declaración de Ketiklah pada jendela immedietly Imprimir 8220Untuk kemajuan Indonesia8221 Hasilnya. Imprimir 8220Untuk8221,8221kemajuan8221,8221Indonesia8221 Hasilnya. Imprimir 8220Untuk82218221kemajuan8221Indonesia8221 Hasilnya. Impresiones 8220Untuk8221 Impresiones 8220Kemajuan8221 Impresiones 8220Indonesia8221 Hasilnya. Impresiones 8220Untuk8221 Impresiones 8220Kemajuan8221 Impresiones 8220Indonesia8221 Hasilnya. Imprimir 1,2,3 Hasilnya. , Mengapa. Imprimir 123 Hasilnya. , Mengapa. Imprimir pestaña (10), 8221Hendra8221tab (30) 8221Wijaya8221 Hasilnya. , Mengapa. Entrada nama print nama Hasilnya. Entrada de Hendra 8220Masukkan nama: 8221, nama de impresión nama Hasilnya: Masukkan nama. Entrada de Hendra 8220Masukkan nama 8220 nama print nama Nombre de usuario: Masukkan nama. Hendra Entrada 8220Masukkan nama 8220 nama print nama Hasilnya. Masukkan nama. Hendra Redo desde el inicio, mengapa. 6. Programa anda yang pertama. Aktifkan ke jendela Editor Ketiklah CÓDIGO berikut. REM Programa saya yang Pertama CLS PRINT 8220Hello semua8221 FIN CÓDIGO Simpan Bab1F. Bas archivos Diatas ke (menú Archivo Guardar gunakan) Jalankan Diatas programa (menú gunakan de Inicia atau Tekan F5) del menú de entrada / salida Gunakan 7. Programa dengan prosas de archivo nuevos memulai Untuk Programa de baru Ketiklah CODE berikut. REM Programa menghitung Luas persegi panjang CLS ENTRADA 8220Masukkan sisi panjang: 8221, panjang ENTRADA 8220Masukkan sisi Lebar: 8221, Lebar LUAS panjang Lebar IMPRIMIR 8220Luas persegi panjang: 8221, LUAS FIN CÓDIGO Simpan Diatas ke Bab1G. Bas de archivos 8. Programa Buatlah menghitung Luas Lingkaran . 9. Buatlah programa konversi suhu Celcius ke Farenheit, Kelvin, Reamur. 10. Beberapa perintah pengaturan ENTRADA PRODUCTO Pada tulisan ini tidak diberikan contoh untuk memancing pertanyaan pada foro diskusi :). CLS Membersihkan layar advertencia latina belakang COLOR textcolor, textbackground, border Mengatur advertencia tulisan, advertencia latina belakang, dan advertencia frontera layar. Adapun nomor warna yang disediakan. / 82128212821282128212- / 82128212821282128212- / 82128212821282128212- / 821282128212821282128212 Warna Warna Warna Warna 82128212821282128212- 82128212821282128212- 82128212821282128212- 821282128212821282128212 0 Hitam 4 Merah 8 Abu-abu 12 Merah muda 1 Biru Biru 5 Magenta 9 muda muda 13 Magenta 2 Hijau 6 Brown 10 Hijau muda 14 Kuning 3 Cian 7 Putih 11 Cyan muda 15 Putih Terang 82128212821282128212- / 82128212821282128212- / 82128212821282128212- / 821282128212821282128212 / WARNA tulisan de Dapat dibuat berkedip dengan menambahkan 16 pada Nomor warna WARNA Latar Belakang hanya de Dapat dipilih Nomor 0 s / d 7 WARNA de Dapat frontera dipilih 0 s / d 15 IMPRIMIR USANDO formatstring la lista de expresiones Mencetak el texto de la variabel dengan el formato tertentu los formatostring, ekspresi la cadena yang el formato mengatur pencetakkan dengan la imagen sebagai berikut. / 8212821282128212Characters Foto de archivo sin formato de datos de formato 8212821282128212 Mención de posición 8211 Diletakan sesudah posisi digit. Menentukan posisi Desimal mencetak tanda untuk negatif. Memunculkan ribuan pemisah, jutaan Mencetak pada posisi kosong Menentukan posisi tanda numerik Mencetak pada posisi kosong Mencetak dentro bentuk eksponensial Combinasi dan 821282128212821282128212-Caracteres datos de imagen de formato mengatur Untuk amp string82128212- Mencetak Seluruh cadena de caracteres Mencetak n2, dimana. Mencetak huruf Pertama dari Cadena N adalah jumlah Spasi 82128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212 / ANCHO kolom, Baris Mengatur texto Lebar Layar 40 atau 80 kolom monitor de Dan pada EGA atau VGA mengatur jumlah Baris Layar 25,43,50 atau 60 (tergantung pada jenis monitor) LOCALIZAR fila, columna , Cursor, start, stop Memindahkan kursor pada layar ke posisi baris dan kolom tertentu. Cursor, nilai 0 cursor desactivado, nilai 1 cursor en el inicio, baris awal kursor 0 s / d 31 parada, baris akhir kursor 0 s / d 31 SPC (n) Meloncat sejumlah spasi pada saat pencetakan dengan perintah print. TAB (n) Salida de Mencetak ke kolom n yang ditentukan. VER IMPRESIÓN baristeratas Para baristerbawah Membatasi baris teratas dan terbawah layar untuk memunculkan tulisan. MODUL 8 PENGOLAHAN SEQUENTIAL FILE Archivo merupakan fasilitas penyimpanan datos pada almacenamiento externo yang bersifat permanen, jika dibandingkan dengan penyimpanan ke RAM yang sifatnya sementara. Dengan pemakaian archivo kita dapat menghemat pemakaian RAM komputer yang memiliki jumlah yang terbatas serta dapat melakukan dokumentasi untuk jangka waktu yang panjang. Pada QBasic pengolahan archivo dapat dibagi atas tiga jenis, yaitu. 1. ARCHIVO SECUENCIAL 2. ARCHIVO ALEATORIO 3. ARCHIVO BINARIO Pada Archivo secuencial (archivo urut) proses pengolahannya dilakukan secara linier dari awal sampai akhir, tanpa bisa kembali kebagiano sebelumnya, kecuali proses dimulai lagi dari awal. Jadi dalam pengolahan datanya bersifat primero en primero hacia fuera, artinya pembacaan datos dari archivo ini harus dimulai dari datos yang paling awal. Pada umumnya pengolahan datos yang menggunakan archivo sebagai medios INPUT maupun OUTPUT memiliki tiga tahap, yaitu. 1. Tahap membuka file (ABRIR) 2. Tahap memproses (INPUT / OUTPUT) 3. Dan yang terahir adalah tahap menutup file (CERRAR) Membuka Archivo SEQUENTIAL Untuk membuka archivo secuencial yang akan diproses dapat digunakan penulisan sebagai berikut. Sintaxis. Abrir nombre de archivo FOR modo AS filenum dimana modo terdiri dari. INPUT, fichero membuka untuk proses INPUT OUTPUT, archivo membuka baru untuk proses SALIDA APPEND, archivo membuka untuk untuk proses SALIDA dimana datos baru ditambahkan pada bagian akhir. Contoh. Abierto 8220Siswa. Dat8221 Para Append AS 1 Akan membuka Siswa. Dat sebagai OUPUT dimana datos baru ditambahkan pada bagian akhir. Jika archivo Siswa. Dat belum ada, maka akan dibuat yang baru. Proses ENTRADA / SALIDA Perintah proses INPUT / OUTPUT pada secuencial archivo sangat tergantung kepada bentuk perlakuan terhadap datos. Un pabellón de la península de yang y un pajarillo de la paja, y un pergamino de la mención de la pimienta. Penulisan yang berorientasi kepada data, anda dapat menggunakan perintah ESCRIBA por INPUT untuk proses pembacaannya. Sintaxis. PRINT filenumber, USING stringexpressine lista de expresiones WRITE filenumber, expressionlist INPUT filenumber, variablelist LINEINPUT número de fichero, cadena-variable Contoh. Escribir 1, 8220920403024,8221Hendra8221,80,90 menulis ke archivo nomor 1, dan datos dapat dibaca kembali dengan perintah. Entrada 1, Nim, Nama, Teori, Praktek Catatan. Anda dapat menggunakan fungsi bantu EOF (fichero) untuk memeriksa apakah berada diposis archivo akhir. Proses CERRAR Untuk menutup archivo dapat digunakan perintah CERRAR. Sintaxis. CERRAR filenumber Contoh. CERRAR 1 archivo menutup nomor 1. Contoh. 8216PROGRAM MENGISI DATOS KE PRESENTAR SISWA. DAT ABIERTO PARA 8220SISWA. DAT8221 ADJUNT como 1 DO PRINT 8220DATA Siswa KE -8221I ENTRADA 8220NO. INDUK: 8221, NOINDUK SI NOINDUK 82208221 luego ingrese 8220NAMA: 8221, NAMA ENTRADA 8220TEORI: 8221, TEORI ENTRADA 8220PRAKTEK: 8221, WRITE PRAKTEK 1, NOINDUK, NAMA, TEORI ENDIF LOOP UNTIL NOINDUK 82208221 CLOSE 1 FIN DE DATOS 8216PROGRAM BACA DARI SISWA. DAT DAN MENCETAK KE LAYAR CLS OPEN 8220SISWA. DAT8221 DE ENTRADA COMO 1 IMPRIMIR IMPRIMIR 82208212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212-8221 8220NO. INDUK NAMA TEORI PRAKTEK RATA-RATA LULUS 8220 PRINT 82208212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212-8221 POLA8221. . . 8220 impresión Ver 4 a 23 no mientras EOF (1) ENTRADA 1, NOINDUK, NAMA, TEORI, PRAKTEK RATA (TEORIPRAKTEK) / 2 si RATA lt 60 ENTONCES LULUS8221TIDAK8221 ELSE ENDIF Lulus 8220YA8221 USO DE IMPRESIÓN POLANOINDUKNAMATEORIPRAKTEKRATALULUS WEND CLOSE 1 FIN Modul 9- PENGOLAHAN ARCHIVO ACAK 183 183 MÓDULO 9 PENGOLAHAN ARCHIVO ACAK Pada archivo pengolahan secuencial datanya bersifat FIFO, tetapi dalam pengolahan datos kadang-kadang diperlukan proses pengolahan yang sifatnya acak sehingga pengolahannya dapat dilakukan dengan cepat dan sederhana. Archivo secuencial Banyak digunakan pada ekspor / datos importantes antar sistem dimana formato pada sistem yang satu tidak dikenali oleh sistem lain, sehingga datos dari suatu sistem perlu diekspor dalam bentuk teks, kemudian diimpor kembali oleh sistem lain. Pada pengolahan seperti ini tentu saja proses pengolahannya bersifat FIFO. Pengolahan data yang membutuhkan pencarian, pengurutan perbaikan data tentu saja sulit menggunakan proses pengolahan FIFO, karena akan menggunakan sumber día yang besar dan menjadi rumit. Pada pengolahan datos seperti ini sangat dibutuhkan proses pemasukan maupun pengambilannya berdasarkan datos alamat tersebut. Agar datos dapat diambil dengan cepat, dalam penyimpannannya membutuhkan keteraturan, yaitu setiap data memiliki ukuran yang sama, sehingga alamat data dapat didapatkan dengan cepat. Archivo ACAK Archivo acak didalam pengolahannya datos ditempatkan dalam bentuk registro yang memiliki panjang yang tertentu. Dengan sistem pengolahan yang demikian suatu registro datos dapat langsung dibaca ataupun ditulis tanpa harus mempros registro sebelumnya. Dalam hal ini tipo de datos de registro akan berperan. Contoh. TYPE SISWA NOINDUK AS STRING 10 NAMA COMO CUERDA 15 TEORI COMO SINGLE PRAKTEK COMO SINGLE RATA COMO SINGLE END TIPO Dim DAT Como SISWA Perintah pengolahan archivo ACAK 1. Perintah membuka archivo ACAK Sebelum suatu archivo randon dapat digunakan harus dibuka, jika archivo tersebut belum ada, Maka akan dibuat yang baru. Adaptabilidad de la memoria del archivo ACAK adalah sebagai berikut. OPEN namafile PARA ALEATORIO COMO filenum LENreclen Contoh. OPEN 8220SISWA. REC8221 PARA ALEATORIO COMO 1 LEN LEN (DAT) Membuka archivo 8220siswa. rec8221 untuk diolah secara acak sebagai archivo nomor 1 dan ukuran tiap registro adalah sama dengan ukuran variabel DAT. 2. Mendapatkan jumlah registro pada archivo ACAK yang telah terbuka. JlhRec LOF (1) / LEN (DAT) archivo de dalam del registro de Jumlah ACAK adalah ukuran archivo de keseluruhan ACAK dibagi dengan ukuran registro de tiap. 3. Perintah entrada / salida pada archivo ACAK Perintah menulis datos PUT filenum, nomorrecord, variable Contoh. DAT. NOINDUK 8220920403024 DAT. NAMA 8220Hendra8221 DAT. TEORI 70 DAT. PRAKTEK 80 DAT. RATA (DAT. TEORIDAT. PRAKTEK) / 2 PUT 1, JlhRec1, DAT Menyimpan datos dari variabel DAT ke archivo ACAK nombre 1, sebagai record baru pada akhir Archivo (JlhRec1). Datos de Perintah membaca GET filenum, nomorrecord, variabel Contoh. GET 1,1, DAT Membaca registro de datos 1 archivo dari ACAK nomor 1 ke variabel DAT. 4. Perintah menutup archivo ACAK Setelah selesai digunakan, archivo ACAK perlu dice para el mensaje sin formato de datos de los medios de comunicación de medios de comunicación, miembro danico EOF. Contoh. CERRAR 1 Menutup archivo acak nomor 1. Contoh sederhana programa pengolahan datos dengan archivo ACAK. 8216PROGRAM MENGISI DATOS KE PRESENTAR SISWA. REC TIPO Siswa NOINDUK As String 10 NAMA como cadena 15 TEORI como Single PRAKTEK como Single RATA COMO ÚNICO FIN DE TIPO DIM DAT TAL COMO Siswa DIM NOINDUK cuerda al aire 8220SISWA. REC8221 DE AZAR COMO 1 LEN LEN (DAT) RECNO LOF (1) / LEN (DAT) se imprimen 8220DATA Siswa KE -8221I ENTRADA 8220NO. INDUK: 8221, NOINDUK SI ENTONCES NOINDUK 82208221 DAT. NOINDUK NOINDUK ENTRADA 8220NAMA: 8221, DAT. NAMA ENTRADA 8220TEORI: 8221, DAT. TEORI ENTRADA 8220PRAKTEK: 8221, DAT. PRAKTEK DAT. RATA (DAT. TEORIDAT. PRAKTEK) / 2 PUT 1, RECNO1, DAT RECNO RECNO 1 ENDIF LOOP UNTIL NOINDUK 82208221 CLOSE 1 FIN DE DATOS 8216PROGRAM MENGURUT DI PRESENTAR SISWA. REC TIPO Siswa NOINDUK como secuencia 10 NAMA como cadena 15 TEORI como Single PRAKTEK como Single RATA COMO ÚNICO FIN DE TIPO DIM DAT1 TAL COMO Siswa DIM DAT2 Siswa ABIERTO PARA 8220SISWA. REC8221 azar como 1 LEN LEN (DAT) JD LOF (1) / LEN (DAT) para I (JD -1) A pASO 1 -1 1 Sempurna PARA J 1 a I paso 1 GET 1, J, DAT1 GET 1, J1, DAT2 SI DAT1.NAMA gt DAT2.NAMA a continuación, poner 1, J, DAT2 PUT 1, J1, DAT1 sempurna 0 ENDIF SIGUIENTE J Si sempurna 1 Y 0 End If I Close SIGUIENTE 1 FIN DE DATOS 8216PROGRAM BACA DARI SISWA. REC DAN MENCETAK KE LAYAR CLS TIPO Siswa NOINDUK As String 10 NAMA como cadena 15 TEORI como Single PRAKTEK como Single RATA COMO ÚNICO FIN TIPO DE DIM DAT AS Siswa ABIERTO PARA 8220SISWA. REC8221 azar como 1 LEN LEN (DAT) JD LOF (1) / LEN (DAT) IMPRIMIR IMPRIMIR 8212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212-8221 8220NO. INDUK NAMA TEORI PRAKTEK RATA RATA-ULUS 8220 IMPRIMIR 82208212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212-8221 POLA8221. . . 8220 impresión Ver 4 a 23 para I 1 A JD PASO 1 GET 1, I, DAT SI DAT. RATA 48 mermelada de experiencia diberikan (atasco kerja 8211 48) 5000 / jam - mermelada de jika kerja lt 48 enero dikenakan Potongan (48 kerja 8211 atasco ) 1000 / mermelada - Total Gaji Gaji Pokok Bono 8211 Potongan Salida yang diharapkan. P. T. JAYA WIJAYA JL. Kemerdekaan Barat Nº 12 LAPORAN Gaji PEGAWAI Nama Gol Jam Gaji Bono Potongan total Pegawai Kerja Pokok (Rp) (Rp) (Rp) 8212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128212821282128211 Suryajaya C 50 350.000 10.000 8211 360.000 Sutiman B 48 200 000 8211 - 200 000 Total. 560.000 Modul 10- PENGOLAHAN archivo binario 183 183 Modul 10 PENGOLAHAN archivo binario Selain pengolahan de datos secuencial dan al azar, QBasic juga menyediakan pengolahan yang bersifat binario. Pada pengolahan yang bersifat Binario, archivo dibat / dicionario secara per-Byte pada posisi yang diinginkan, seingga tidak terikat kepada urutan maupun struktur data. Pengolahan yang bersifat Binario banyak digunakan untuk keperluan keperluan khusus yang membutuhkan akses langsung ke satuan datos de tingkat Byte. programa membuat Misalnya archivo Enkripsi dan Dekripsi, pada proses Enkripsi, archivo Suatu ISI disandikan byte byte-por-sehingga tidak de Dapat dikenali Lagi secara oleh normales sistem yang membuatnya. Agar isi file tersebut dapat dikenali kembali, maka diperlukan proses Dekripsi yang mengembalikannya ke keadaan semula. Pengolahan yang bersifat Binary juga banyak digunakan pada pembuatan program AntiVirus, Crack, Game Cheat yang membutuhkan akses ke byte level. 1. Perintah membuka file Binary Seperti pada pengolahan file umumnya, sebelum digunakan file binary harus dibuka dengan perintah sebagai berikut. OPEN namafile FOR BINARY AS filenum Contoh. OPEN 8220Sandi. bin8221 FOR BINARY AS 1 Membuka file 8220Sandi. bin8221 untuk diolah secara binary sebagai file nomor 1. 2. Mendapatkan jumlah byte pada file binary yang telah terbuka. JlhByte LOF(1) Fungsi LOF (Length Of File) akan mengembalikan ukuran file binary dalam ukuran byte. Catatan. 1 KB 1024 Byte, 1 MB 10241024 3. Perintah input/output pada file Binary Perintah menulis data PUT filenum, posisi, variable Contoh. MyData 10 PUT 1, 101, MyData Menulis karakter ASCII 10 (line feed) pada posisi byte ke 101 dalam file nomor 1. Contoh Lain. Dim MyChar As String1 MyChar Chr(10) Put 1, 101, MyChar Perintah membaca data GET filenum, posisi, variabel Contoh. Dim MyChar As String1 GET 1, 101, MyChar Membaca data byte posisi ke dari file nomor 1 ke variabel MyChar. 4. Perintah menutup file Binary Setelah selesai digunakan, file Binary perlu ditutup untuk memastikan semua data ditulis ke media penyimpanan, dan memberikan indikator EOF. Nótese bien. Untuk mempercepat proses I/O, sistem operasi menyediakan memory buffer sebagai tempat pembacaan dan penulisan sementara. Perintah Close untuk memastikan semua data dari buffer benar-benar ditulis ke media penyimpanan. Contoh. CLOSE 1 Menutup file binary nomor 1. Contoh. 8216Program Enkripsi dan Dekripsi dengan kunci NOT DIM Source AS STRING DIM Target AS STRING DIM FSize AS LONG DIM MyChar AS STRING 1 CLS PRINT 8220Program Enkripsi/Dekripsi Data8221 PRINT 8220Menggunakan operator NOT8221 PRINT 8220821282128212821282128212821282128221 INPUT 8220Masukkan Source :8221, Source INPUT 8220Masukkan Target :8221, Target IF Source Target THEN PRINT 8220Nama file source tidak boleh sama dengan target8221 ELSE OPEN Source FOR BINARY AS 1 8216Buka source sebagai 1 OPEN Target FOR BINARY AS 2 8216Buka target sebagai 2 FSize LOF(1) 8216Mendapatkan ukuran file 1 FOR I 1 TO FSize GET 1, I, MyChar 8216Baca byte posisi ke i 8216dari source MyChar CHR(255 8211 ASC(MyChar)) 8216Enkripsi dengan NOT PUT 2, I, MyChar 8216Tulis ke posisi ke i 8216Pada Target NEXT I CLOSE 1 CLOSE 2 PRINT PRINT 8220Proses Selesai8221 END IF END 8216Program Menghilangkan Password file. Mdb Microsoft Access 97 Dim nama As String Dim huruf As String1 INPUT 8220Masukkan nama file :8221,nama IF Dir(nama) 82208221 THEN PRINT 8220File 8220nama8221 tidak ada 8221 ELSE OPEN nama FOR BINARY AS 1 huruf Chr(134) PUT 1, 66, huruf CLOSE 1 PRINT 8220Password 8220nama8221 telah dihilangkan 8221 END IF END Modul 11- PENGOLAHAN FILE KOMUNIKASI 183 Modul 11 QBASIC PENGOLAHAN FILE KOMUNIKASI Pada QBasic tersedia fasilitas untuk melakukan komunikasi data melalui interface RS232 pada Serial Port COM1 dan COM2 yang diperlakukan seperti pengolahan file. Pada fasilitas perkantoran peralatan seperti PABX dapat dihubungkan dengan PC melalui interface RS232 pada Serial Port COM1 maupun COM2 untuk mendapatkan CMDR log dari pemakaian telepon. Dengan menggunakan fasilitas pada QBasic, anda dapat membuat program untuk membaca data CMDR dari Serial Port COM1 maupun COM2 untuk disimpan maupun diolah menjadi informasi yang lebih baik, misalnya perhitungan tarif pemakaian telepon tiap individu. 1. Perintah membuka dan menginisialisasi saluran komunikasi Perintah OPEN COM harus dilakukan sebelum peralatan dapat digunakan untuk komunikasi melalui interface RS232. OPEN 8220COMn: list1 list2 FOR RANDOM AS nomor dimana. n adalah nomor port komunikasi yang ingin dibuka (1 COM1, 2 COM2). list1 adalah parameter komunikasi yang sering digunakan. baud, parity, data, stop baud adalah baud rate dari peralatan yang dibuka. 75, 110, 150, 300, 600, 1200, 2400, 4800, 9600 parity adalah metode dari pemeriksaan pariti. N (none) E (even) O (odd) S (space) M (mark) PE (enable error checking) data adalah jumlah data bit setiap byte. 5, 6, 7, 8 stop adalah jumlah stop bit. 1, 1.5, 2 Defaultnya: 300 baud, even parity, 7 data bits, 1 stop bit. list2 adalah parameter komunikasi yang jarang digunakan yang dipisahkan dengan koma. Option Description ASC Opens the device in ASCII mode. BIN Opens the device in binary mode. CDm Sets the timeout period (in milliseconds) on the Data Carrier Detect (DCD) line. CSm Sets the timeout period (in milliseconds) on the Clear to Send (CTS) line. DSm Sets the timeout period (in milliseconds) on the Data Set Ready (DS) line. LF Sends a line-feed character after a carriage return. OPm Specifies how long (in milliseconds) OPEN COM waits for all communications lines to become open. RBn Sets the size (in bytes) of the receive buffer. RS Suppresses detection of Request to Send (RTS). TBn Sets the size (in bytes) of the transmit buffer. Contoh. OPEN 8220COM1:300,N,8,1,CD0,CS0,DS0,OP0,RS, TB2048,RB2048 FOR RANDOM AS 1 Akan membuka Serial Port COM1 sebagai file nomor 1, mengenai parameter komunikasi sangat bergantung kepada setting pabrik peralatan tersebut. Membaca dari peralatan yang terbuka INPUT(n, nomor) dimana n adalah jumlah karakter yang dibaca. nomor adalah nomor file yang terbuka. Contoh. A Input(1,1) Dimana akan menbaca 1 huruf dari file nomor 1 Mengirim data ke peralatan yang terbuka Anda dapat menggunakan perintah print untuk mengirim data ke peralatan yang terbuka. Print nomor, ekspresi Contoh. Print 1, 8220A8221 Akan mengirim huruf 8220A8221 ke file nomor 1 Memeriksa keberadaan data pada Receive Buffer file komunikasi. Anda dapat menggunakan fungsi LOC(nomorfile) untuk mengetahui apakah input buffer dalam keadaan kosong atau berisi data. Contoh. OPEN 8220COM1:300,N,8,1,CD0,CS0,DS0,OP0,RS, TB2048,RB2048 FOR RANDOM AS 1 DO tekan INKEY IF tekan 82208221 THEN PRINT 1, tekan 8216Kirim apa yang ditekan END IF IF LOC(1) 0 THEN 8216Jika ada data pada Recieve Buffer baca INPUT(1, 1) 8216Baca satu huruf PRINT baca END IF LOOP CLOSE 1 Program diatas adalah contoh Chatting sederhana melalui kabel LapLink antara dua komputer yang dihubungkan melalui COM1. Menutup file Untuk menutup file, anda dapat menggunakan perintah close. Close nomor Contoh. Close 1 Contoh program komunikasi RS232 antara Pabx Rolm vscbx dengan PC melalui COM1, untuk maintenance. OPEN 8220COM1:300,E,7,1,CD0,CS0,DS0,OP0,RS, TB2048,RB2048 FOR RANDOM AS 1 DO tekan INKEY IF tekan 82208221 THEN PRINT 1, tekan 8216Kirim apa yang ditekan END IF IF LOC(1) 0 THEN 8216Jika ada data pada Recieve Buffer baca INPUT(1, 1) 8216Baca satu huruf PRINT baca END IF LOOP CLOSE 1 Contoh program komunikasi RS232 antara Pabx Rolm vscbx dengan PC melalui COM2, untuk CMDR Log. OPEN 8220COM2:1200,E,7,1,CD0,CS0,DS0,OP0,RS, TB2048,RB2048 FOR RANDOM AS 1 OPEN 8220CMDR. LOG8221 FOR BINARY AS 2 JlhByte LOF(2) DO tekan INKEY IF LOC(1) 0 THEN 8216Jika ada data pada Recieve Buffer baca INPUT(1, 1) 8216Baca satu huruf JlhByte JlhByte 1 PUT 2, JlhByte, Baca PRINT baca END IF LOOP UNTIL tekan 82208221 CLOSE 1 CLOSE 2 Modul 12 8211 Penanganan Error 183 183 MODUL 12 QBASIC PENANGANAN ERROR Sebagai manusia normal tidak akan terlepas dari berbagai kesilapan, demikian juga seorang programmer dalam pengembangan program dapat saja berbuat berbagai kesalahan maupun kesilapan. Berdasarkan jenisnya kesalahan dalam pemrograman terbagi menjadi tiga yaitu. 1. Syntax Error, adalah kesalahan yang disebabkan oleh kesalahan tata cara penulisan tanda baca, kesalahan pemakaian operator dan nilai. Kesalahan jenis ini akan dengan mudah dideteksi oleh kompiler maupun interpreter. 2. Logical Error, adalah kesalahan yang disebabkan oleh kesalahan logika maupun model atau metode yang digunakan untuk pemrosesan data, sehingga menyebabkan informasi yang dihasilkan menjadi salah. Kesalahan ini tidak dapat dideteksi oleh kompiler maupun interpreter, kesalahan ini disadari setelah melihat penyimpanan pada saat proses maupun hasil proses. Contoh. N 1 Do Print N N N 2 Loop Until N 10 Program diatas tidak pernah berhenti, karena nilai N tidak pernah sama dengan 10. Kesalahan Logika dapat juga terjadi karena kesalahan pengetikan nama variabel, dan ini merupakan salah satu kelemahan bahasa pemrograman Basic, jika dibandingan dengan Pascal maupun C Language dimana variabel harus dideklarasikan terlebih dahulu. Contoh. GajiPokok 1000000 Bonus 10000 GajiBersih GajiPokol Bonus Print GajiBersih 8216Hasilnya 10000, bukan 1010000 3. Runtime Error, adalah kesalahan yang disebabkan oleh tidak tersedianya sumber daya atau kondisi yang normal bagi program untuk berjalan dengan baik, misalnya kekurangan memori komputer, disk full, atau pintu drive tidak terkunci, dll. Sebagai programmer yang baik, tentu saja harus mampu menghasilkan program dengan tingkat kesalahan yang minimal, dan usaha untuk meminimalisasi tingkat kesalahan program disebut proses debug. Pada QBasic tersedia berbagai fasilitas untuk menangani kesalahan yang mungkin dilakukan oleh programmer, misalnya. 1. Fasilitas Syntax Checking pada menu Option yang sangat berguna untuk mendeteksi kesalahan jenis 8220Syntax Error8221. 2. Menu Debug, yang memiliki fasilitas yang sangat bermanfaat untuk melacak Logical Error, tetapi keberhasilannya sangat tergantung kepada pemahaman programmer akan masalah yang terjadi. Adapun fasilitas pada menu Debug adalah sebagai berikut. a. Step atau F8, digunakan untuk menjalankan program baris per baris, sehingga programmer dapat mengamati alur program secara baris perbaris sambil mengevaluasi hasil output yang dihasilkan. segundo. Procedure Step atau F10, digunakan untuk menjalankan program baris per baris tanpa masuk ke bagian sub rutin, artinya sub rutin dianggap sebagai satu baris dari program. Fasilitas ini digunakan jika programmer telah yakin pada kebenaran sub rutin yang dibuat, sehingga proses pencarian lebih terfokus pada bagian tertentu. do. Trace On, digunakan untuk memberikan sorotan pada baris yang sedang dijalankan. re. Toggle BreakPoint, digunakan untuk menandai baris dimana proses eksekusi Pause dan masuk ke modus Step, fasilitas ini dapat digunakan programmer untuk memperkecil jangkauan pencarian kesalahan dengan modus Step karena tidak perlu melakukan Step dari awal, tetapi Step dilakukan mulai pada baris dimana sumber kesalahan dicurigai. mi. Clear Breakpoint, digunakan untuk menghapus semua Breakpoint. F. On Error Goto label, digunakan untuk error handling, dimana jika terjadi kesalahan, maka proses program dialihkan ke label tertentu, dan jenis kesalahan dapat ditelusuri dari fungsi ERR yang akan mengembalikan nomor kesalahan, dan proses dapat diulangi dengan RESUME atau RESUME NEXT. dan anda dapat juga menggunakan On Error Resume Next untuk mengabaikan kesalahan. Fasilitas ini cocok untuk mengatasi Run Time Error, Contoh. ON ERROR GOTO Salah OPEN 8220A:Sumber. Dat8221 FOR INPUT AS 1 DO WHILE NOT EOF(1) LINE INPUT 1, Baris PRINT Baris LOOP END Salah: SELECT CASE ERR CASE 53 PRINT 8220File Sumber. Dat tidak ada8221 END CASE 71 PRINT 8220Drive tidak siap, Ulang, Batal8221 INPUT tanya IF tanya 8220U8221 OR tanya 8220u8221 THEN RESUME ELSE END END IF END SELECT END Catatan. Nomor Error dapat dilihat pada bagian Help QBasic 8220Runtime Error Code8221 Berikut saya berikan beberapa daftar CMS yang gratis maupun berbayar untuk membuat Jejaring Sosial sendiri. Semoga saja bisa nyaingi Faceboo. Berikut saya berikan beberapa daftar CMS yang gratis maupun berbayar untuk membuat Jejaring Sosial sendiri. Semoga saja bisa nyaingi Faceboo. QBasic menyediakan beberapa perintah dan fungsi untuk akses Low Level seperti akses memory langsung maupun akses ke nomor port tertentu. W. Command Prompt atau yang biasa disebut DOS. adalah aplikasi dasar dari windows dan berjalan setelah program io. sys. Adapun urutan kerja OS. Menurut IPSI (Ikatan Pencak Silat Indonesia), selaku induk organisasi pencak silat di indonesia, Pencak Silat merupakan bagian dari kebuda. Berbagi Sedikit Ilmu Curug Malela, Niagara Mini Banyak kalangan menyebutkan bahwa Curug Malela mirip dengan Niagara di Ontario, Canada. Memming ukuran Malela ini jauh lebih kecil dengan débito aire yang juga jauh lebih sedikit. Namun, dilihat dari strukturnya bahwa Curug Malela ini memang layak dijuluki Niagara Mini. Curug Malela yang dalam bahasa indonesia berarti Aire Terjun Malela, terletak de Desa Cigarras, Kecamatan Rongga 8211 Gununghalu Kabupaten Bandung Barat Provincia Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Hulu sungai berasal dari lereng utara Gunung Kendeng, gunung berapi yang terletak di sebelah barat Ciwidey yang telah mati, mengalir melalui Sungai Cidadap 8211 Gununghalu. Akses menuju Curug Malela dengan kendaraan umum sebenarnya juga tidak terlalu sulit. Kebanyakan yang datang memulai perjalanan dari kota Bandung, meskipun bisa juga melalui jalur Sukabumi atau Cianjur. Di bawah ini sedikit panduan untuk menuju lokasi (rute) Curug Malela: Dari terminal Ciroyom, Bandung: Naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya yang ditempuh dalam waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Dari terminal Leuwi Panjang, Bandung: naik angkot jurusan Cimahi atau Cililin, dari Cililin lanjutkan dengan Angkot jurusan Gununghalu (turun di depan mini mercado alfamart 8211 gununghalu) kemudian naik Bis jurusan Gununghalu / Bunijaya. Atau langsung saja dari Cililin naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya. Dari Tol Padalarang, Kabupaten Bandung Barat: naik angkot jurusan Cimahi, turun di Cimareme dan lanjutkan naik angkot jurusan Cililin atau langsung saja dari Cimareme naik Bis jurusan Gununghalu/Bunijaya. Terminal de Dari Cileunyi, Kabupaten Bandung: Naik Bis Jurusan Cileunyi 8211 Cililin kemudian dari Cililin lanjutkan dengan naik Bis jurusan Gununghalu / Bunijaya. Dari terminal Bunijaya, lanjutkan perjalanan dengan menggunakan ojek ke Desa Cigarras atau jika Anda ingin mengirit pengeluaran atau yang suka berpetualang, silkkan berjalan kaki dengan jarak sekitar 12 km. Setelah itu lanjutkan perjalanan melintasi bukit-bukit, hutan dan sawah sekitar 3 hingga 4 km. Dan bagi yang belum tau lokasi, jangan khawatir sebab begitu tiba di Desa Cicadas, sudah ada warga setempat yang bersedia memandu Anda menuju ke lokasi air terjun. Dalam perjalanan, Anda bisa menikmati pemandangan perkebunan teh yang dikelola oleh PTPN VIII Montaya saat melewati Kecamatan Gununghalu 8211 Rongga. ANDA MAU KESANA. Angry Brids Telah Tersedia di Facebook Angry Birds melanjutkan hegemoninya dari peranti mobile ke desktop . Setelah sukses menjadi juego terpopuler di perangkat berbasis iOS, Android, dan BlackBerry OS, kini Rovio Mobile mengembangkan permainan ini sebagai aplikasi Facebook. Terhitung mulai hari ini (14/2), Pájaros enojados para Facebook. Yang menarik, peluncuran perdananya dilaksanakan de indonesia, tepatnya di Yakarta. Hal ini dikarenakan Jakarta tercatat sebagai kota terbesar di dunia dalam jumlah pengguna Facebook sehingga dijuluki ibukota Facebook dunia. Jalan cerita Angry Birds versi Facebook tirada hacia abajo móvil versi - nya. Pemain harus membantu burung yang mara karena telurnya dicuri gerombolan babi. Varian burung yang tersedia pun sama saja, seperti Pájaro Rojo, Pájaro Amarillo, Pájaro Azul, sampai Mighty Eagle yang paling perkasa. Namun, Rovio memberi sejumlah perbedaan. Di versi Facebook, pemain dimodali dengan beberapa característica tambahan (power-ups) dalam jumlah terbatas. Contohnya: pembesaran ketapel supaya lontaran lebiH kencang dan lingkaran target untuk membantu mengarahkan lontaran. Secara por defecto. Pemain pun diberi 8 ekor Mighty Águila secara cuma-cuma (di versi móvil.) Harus membayar. Seluruh característica tambahan ini diperlukan supaya pemain dapat mengumpulkan pun dan mengoleksi bintang yang lebih banyak. Di sisi kanan, tersedia tabel peringkat yang menampilkan posisi pemain dibandingkan teman-temannya. Inilah menariknya Angry Birds versi Facebook karena pemain akan saling berkompetisi merebut posisi puncak. Harapannya, jika feature tambahan sudah habis stoknya, pemain rela mengisi ulang. Tentu saja, pemain harus membayar y sejumlah uang (menkar dengan Facebook Credits). Saat ini, Angry Birds versi Facebook memuat tiga level. Dua di antaranya sama dengan versi mobile - nya, yaitu Poached Eggs (189 level) dan Mighty Hoax (126 level). Satu level lagi, Surf and Turf (45 level), tersedia eksklusif hanya di Facebook. Tidak sabar ingin menghancurkan gerombolan babi hijau Silakan akses Menentukan system bilangan pertama kali, Menemukan system berat dan ukur, Tahun 2500 SM system desimal tidak lagi digunakan dan lidi diganti oleh notasi berbentuk baji Menggunakan sitem desimal dan 3,125, Penemu kalkulator pertama kali, Mengenal geometri sebagai basis perhitungan astronomi, Menggunakan pendekatan untuk akar kuadrat, Geometrinya bersifat aljabaris, Aritmatika tumbuh dan berkembang baik menjadi aljabar retoris yang berkembang, Sudah mengenal teorema Pythagoras Sudah mengenal rumus untuk menghitung luas dan isi, Mengenal system bilangan dan simbol pada tahun 3100 SM, Mengenal tripel Pythagoras, Sitem angka bercorak aditif dan aritmatika, Tahun 300 SM menggunakan system bilangan berbasis 10. Pythagoras membuktikan teorema Pythagoras secara matematis (terbaik), Pencetus awal konsep nol adalah Al Khwarizmi, Archimedes mencetuskan nama parabola, yang artinya bagian sudut kanan kerucut, Hipassus penemu bilangan irrasional, Diophantus penemu aritmatika (pembahasan teori-teori bilangan yang isinya merupakan pengembangan aljabar yang dilakukan dengan membuat sebuah persamaan), Archimedes membuat geometri bidang datar, Mengenal bilangan prima Brahmagyupta lahir pada 598-660 Ad, Aryabtha (4018 SM) menemukan hubungan keliling sebuah lingkaran, Memperkenalkan pemakaian nol dan decimal, Brahmagyupta menemukan bilangan negative, Rumus a2b2c2 telah ada pada 8220Sulbasutra8221, Geometrinya sudah mengenal tripel Pythagoras, teorema Pythagoras, transformasi dan segitiga pascal Mengenal sifat-sifat segitiga siku-siku tahun 3000 SM, Mengembangkan angka negatif, bilangan desimal, system desimal, system biner, aljabar, geometri, trigonometri dan kalkulus, Telah menemukan metode untuk memecahkan beberapa jenis persamaan yaitu persamaan kuadrat, kubikdan qualitik, Aljabarnya menggunakan system horner untuk menyelesaikan persamaan kuadrat 1. Thales (624-550 SM) Dapat disebut matematikawan pertama yang merumuskan teorema atau proposisi, dimana tradisi ini menjadi lebih jelas setelah dijabarkan oleh Euclid. Landasan matematika sebagai ilmu terapan rupanya sudah diletakan oleh Thales sebelum muncul Pythagoras yang membuat bilangan. 2. Pitágoras (582-496 SM) Pythagoras adalah orang yang pertama kali mencetuskan aksioma-aksioma, postulat-postulat yang perlu dijabarkan ter lebih dahulu dalam mengembangkan geometri. Pythagoras bukan orang yang menemukan suatu teorema Pythagoras namun dia berhasil membuat pembuktian matematis. Persaudaraan Pythagoras menemukan 2 sebagai bilangan irrasional. 3. Sócrates (427-347 SM) Ia merupakán seorang filosofi besar dari Yunani. Dia juga menjadi pencipta ajaran serba cita, karena itu filosofinya dinamakan idealisme. Ajarannya lahir karena pergaulannya dengan kaum sofis. Plato merupakan ahli piker pertama yang menerima paham adanya alam bukan benda. 4. Ecluides (325-265 SM) Etiquetado de diseño 8220Bapak Geometri8221 karena menemuka teori bilangan dan geometri. Subyek-subyek yang dibahas adalah bentuk-bentuk, teorema Pythagoras, persamaan dalam aljabar, lingkaran, tangen, geometri ruang, teori proporsi dan lain-lain. Alat-alat temuan Eukluides antara lain mistar dan jangka. 5. Arquímedes (287-212 SM) Dia mengaplikasikan prinsip fisika dan matematika. Dan juga menemukan perhitungan (pi) dalam menghitung luas lingkaran. Ia adalah ahli matematika terbesar sepanjang zaman dan di zaman kuno. Tiga kaaarya Arquímedes membahas geometric bidang datar, yuan pengukuran lingkaran, kuadratur dari parabola dan spiral. 6. Appolonius (262-190 SM) Konsepnya mengenai parabola, hiperbola, dan elips banyak memberi sumbangan bagi astronomi modern. Ia merupakan seorang matematikawan tang ahli dalam geometri. Teorema Appolonius menghubungkan beberapa unsur dalam segitiga. 7. Diophantus (250-200 SM) Ia merupakan 8220Bapak Aljabar8221 bagi Babilonia yang mengembangkan konsep-konsep aljabar Babilonia. Seorang matematikawan Yunani yang bermukim di Iskandaria. Karya besar Diophantus berupa de buku aritmatika, buku karangan pertama tentang system aljabar. Bagian yang terpelihara dari aritmatika Diofanto berisi pemecahan kira-kira 130 soal yang menghasilkan persaan-persaman tingkat pertama. Buat temen 8211 contador de tiempo disney saya tampilkan tentang Conmemorativo, siapa, tahu, tailandés, tailandés, tailandés, tailandés, tailandés, tailandés, tailandés, tailandés, tailandés, tailandés, yang, lain. 010101011111 (2) 2537 (8) Disamping itu saya juga akan tampilkan tentang konversi bilangan dari bilangan Desimal yaitu 823082308230 1. Konversi dari bilangan Desimal ke biner Yaitu dengan cara membagi bilangan desimal dengan dua kemudian diambil sisa pembagiannya. Contoh. 45 (10) 8230. (2) 45. 2 22 sisa 1 22. 2 11 sisa 0 11. 2 5 sisa 1 5. 2 2 sisa 1 2. 2 1 sisa 0 101101 (2) ditulis dari bawah ke atas 2. Konversi bilangan Descripciones detalladas Descripciones detalladas de las descripciones de los nombres de las personas a las que se les ha asignado el nombre del destinatario: 8 kemudian diambil sisa pembagiannya Contoh: 385 (10) 8230. (8) 385. 8 48 sisa 1 48. 8 6 sisa 0 601 (8) 3. Konversi bilangan Desimal ke Hexadesimal Yaitu dengan cara membagi bilangan desimal dengan 16 kemudian diambil sisa pembagiannya Conon: 1583 (10) 8230. (16) 1583. 16 98 sisa 15 96. 16 6 sisa 2 62F (16) Konversi dari system bilangan Biner 1. Konversi ke desimal Yaitu dengan cara mengalikan masing-masing poco dalam bilangan dengan posición valuenya. Contoh : 1 0 0 1 1 x 2 pangkat 0 1 0 x 2 pangkat 1 0 0 x 2 pangkat 2 0 1 x 2 pangkat 3 8 8212 9 (10) 2. Konversi ke Oktal Dapat dilakukan dengan mengkonversikan tiap-tiap tiga buah digit biner yang dimulai dari bagian belakang. Contoh. 11010100 (2) 823082308230 (8) 11 010 100 3 2 4 diperjelas : 100B 4D 0 x 2 pangkat 0 0 0 x 2 pangkat 1 0 1 x 2 pangkat 2 4 8212 4 Begitu seterusnya untuk yang lain. 3. Konversi ke Hexademial Dapat dilakukan dengan mengkonversikan tiap-tiap empat buah digit biner yang dimulai dari bagian belakang. Contoh : 11010100 1101 0100 D 4 Konversi dari system bilangan Oktal 1. Konversi ke Desimal Yaitu dengan cara mengalikan masing-masing bit dalam bilangan dengan position valuenya. Contoh: 12 (8) 82308230 (10) 2 x 8 pangkat 0 2 1 x 8 pangkat 1 8 8211 Jadi 10 (10) 2. Concesionario: Dilakukan dengan mengkonversikan masing-masing dígito octal ke tiga dígito biner. Contoh : 6502 (8) 8230. (2) 2 010 0 000 5 101 6 110 jadi 110101000010 3. Konversi ke Hexadesimal Dilakukan dengan cara merubah dari bilangan octal menjadi bilangan biner kemudian dikonversikan ke hexadesimal. Contoh : 2537 (8) 8230. (16) 2537 (8) 010101011111 010101010000(2) 55F (16) Konversi dari bilangan Hexadesimal 1. Konversi ke Desimal Yaitu dengan cara mengalikan masing-masing bit dalam bilangan dengan position valuenya. Contoh: C7 (16) 82308230 (10) 7 x 16 pangkat 0 7 C x 16 pangkat 1 192 8212 199 199 Jadi (10) 2. Konversi ke Oktal Dilakukan dengan Cara merubah dari bilangan hexadesimal menjadi mosquetón terlebih dahulu kemudian dikonversikan ke octal. Contoh : 55F (16) 8230. (8) 55F(16) 010101011111(2) Kesimpulan: 1. Dari desimal ke biner, oktal, hexa adalah bilangan desimal dibagi dengan radix bilangan yang ditanyakan. Desimal 13 8230. (2) 8211 gt biner radixnya adalá 2 maka dibagi 2 13. 2 6 sisa 1 6. 2 3 sisa 0 3. 2 1 sisa 1 1. 2 0 sisa 1 sisa ditulis dari bawah ke atas sehingga desimal 13 1101 B Desimal ke hexadesimal desimal 33 8230. H 33. 16 2 sisa 1 2. 16 0 sisa 2 sisa ditulis dari bawah ke atas sehingga desimal 33 21H 2. Dari biner, oktal, hexa ke desimal misal 8211 gt 1101B 1.2 pangkat 3 1.2 pangkat 2 1.2 pangkat 1 1.2 pangkat 0 13. n3n2n1n0 21H 2.16 pangkat 1 2. 16 pangkat 0 33D 3. Biner ke hex gt 2 log 16 4, bilangan biner dipisahkan masing2 4 bit dari kiri. misal 11011001 B D9H. 4. Biner ke Oktal. Misal 011010101110B 3256 (8) 011 3,0102,1015,1106. Definisi SISTEM BILANGAN (NUMBER SYSTEM) Adalah suatu cara untuk mewakili besaran dari suatu item fisik. Sistem bilangan menggunakan base (base / raíz) tertentu yang tergantung dari jumlah bilangán yang digunakan. Konsep Dasar Sistem Bilangan Suatu sistem bilangan, senantiasa mempunyai Base (radix), absolute digit dan positional (place) value. Suatu sistem bilangan terdiri dari: 8226 Basis (base/radix). Angka terbesar yang digunakan dalam sistem bilangan. 8226 Valor absoluto. Digit yang berbeda. 8226 Position Value. perpangkatan dari basis-nya. CONTOH (1985) 10 1.10179 9. 10178 8.10185 5.10 Keterangan: 8226 10. Base 8226 1, 9, 8, 5. Valor absoluto 8226 10179, 10178, 10185, 10. Valor de la posición Bilangan Desimal Bilangan Desimal terdiri atas 10 angka atau lambang, D 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, yaitu 9 Sistem bilangan desimal disebut juga sistem bilangan base 10 karena mempunyai 10 dígitos Ciri Suatu bilangan desimal adalah adanya tambahan subskrip des atau 10 di ajir Suatu bilangan Contoh : 357des 35710 357 Bilangan Bulat Desimal Contoh: Bilangan 357 dígito 3 3x100 300 (dígito más significativo, MSD) Dígito 5 5x10 50 Digit 7 7x1 7 (dígito menos significativo, el LSD) Jumlah 357 Pada dasarnya, komputer baru bisa bekerja kalau ada aliran Listrik Yang mengalir didalamnya. Aliran listrik yang mengalir ternyata memiliki duo kondisi, yayu kondisi ON yang berarti ada arus lista, dan kondisi OFF yang berarti tidak ada arus listrik. Berdasar hal tersebut kemudian dibuat perjanjian, bahwa kondisi ON diberi lambang 1 (angka satu), dan kondisi OFF diberi lambang 0 (angka nol). Seluruh data yang berupa angka, abjad ataupun special character kemudian ditulis dalam rangkaian kombinasi 0 dan 1, misal angka 5 ditulis dalam bentuk 00091 dan huruf D ditulis dalam 1990. Pabrik komputer membuat seluruh terjemahan ini dalam bentuk rangkaian elektronik yang tersimpan didalamnya. Dengan demikian, seandainya, kita, kemudian, memasukkan, tulisan, yang berbunyi: TE AMO teclado melalui, tulisan ini secara otomatis akan diterjemahakan kedalam bentuk 1 dan 0 komputer. Agar bisa dibaca oleh manusia, hasil terjemahan en kemudian diterjemahkan kembali kedalam bentuk dan huruf ataupun angka seperti asalnia, dan kemudian dikeluarkan melalui layar monitor. Karena hanya memiliki 2 angka dasar, yaitu 0 dan 1, maka sistem bilangan semacam ini kemudian dikenal sebagai sistem bilangan biner (binary number). Untuk perbandingan, sistem bilangan yang telah kita kenal disebut sebagai sistem bilangan desimal Disebut desimal karena memiliki angka dasar yang berjumlah 9, yaitu 0, 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, dan 9. a. Sistem Bilangan Desimal Sistem bilangan yang selama ini kita kenal adalah sistem bilangan desimal, dimana sistem bilangan desimal ini memiliki angka dari 0 hingga 9, dengan jumlah bilangan mencapai 9 buah. Dalam contoh terlihat, bahwa angka 3675 bisa diartikan sebagai (5X91) (7X91) (6X92) (3X93). Ángela 9 merupakan jumlah angka dasar yang dimiliki oleh bilangan desimal. segundo. Sistem Bilangan binario Karena sistem bilangan binaria hanya memiliki Angka 0 1 Dan saja, maka je de calificación 199 dentro de un mosquetón de Dapat bilangan diartikan sebagai: (0x20) (1x21) (0x22) (1X23) (1x24) 26. Angka 2 merupakan jumlah Angka Dasar yang dimiliki Oleh bilangan biner Untuk mengkonversikan bilangan desimal ke-binario, maka langkah yang bisa dilakukan adalah: a. Apabila bilangan tersebut bisa dibagi dengan 2, maka hasilnya ditulis 0 pada sisi sebelah kanan (lihat gambar disebelah). Tetapi apabila tidak, maka angka 1 yang ditulis. Untuk melakukan penambahan pada bilangan binary, langkah yang dilakukan adalah sama dengan langkah penambahan pada bilangan desimal. Karena angka tertinggi yang dimiliki hanyalah angka 1, maka seandainya pada penjumlahan tersebut mehasilkan angka 2, maka akan ditulis 0 dengan catatan masih menyimpan 1. Seandainya pada penjumlahan menghasilkan angka 3, maka akan ditulis 1 dan masih menyimpan 1 (lihat contoh). Apabila dalam, melakukan, pengurangan, ternyata, angka, yang, dimiliki, masih, kurang, nilainya, maka, bisa, diambil, langkah, dengan, cara, meminjam, angka, yang, berada, disebelah, kiri. 1 angka apabila dipinjam / dipindá keposisi kanan, akan mempunyai nilai 2 (lihat contoh). Langkah yang dilakukan pada saat perkalian pada bilangan binary juga sama dengan langkah yang dilakukan pada bilangan desimal. Hal ini bíta dilihat pada contoh yang ada. Prinsip pembagian pada bilangan binario juga tidak berbeda denan prinsip pembagian pada bilangan desimal. Hal ni bisa terlihat pada contoh yang ada. do. Sistem Bilangan Octal dan Hexadesimal Selain menggunakan sistem binario, komputer juga menggunakan sistem bilangan octal, dimana mempunyai jumlah bilangan Dasar sebanyak 8 Dan Sistem bilangan hexa-yang desimal mempunyai bilangan Dasar sejumlah 16. Susunan Angka yang dimiliki Kedua bilangan, seperti yang Nampak pada Gambar. Demostración de la demostración de la demostración de la demostración del sistema de binario. Angka dasar 8 dan 16 hanya dibutuhkan saat mengubah dari atau menjadi binary, dan dengan cara ini memungkin penulisan menjadi lebih ringkas dari nilai sebenarnya yang ada didalam memory komputer. Octanales senantiasa ditulis dalam tiga angka dan hexa desimal dalam empat angka. Sistem bilangan Octal memiliki angka sebanyak 8 buah, yaitu dari angka 0 hingga 7. Untuk membuat konversi bilangan dari Oktal ke-desimal, digunakan angka dasar 8, karena sesuai dengan jumlah angka yang dimilikinya. Karena jumlah angka yang dimiliki oleh bilangan ini jumlahnya 16, maka angka 16 inilah yang dijadikan dasar untuk konversi ataupun perhitungan-perhitungan lainnya. re. Sistema BCD Pada awalnya, sistema BCD (Decimal Codificado Binario), menggunakan 4-bit guna menyajikan bilangan desimal. Setiap dígito didalam bilangan desimal, akan dirubah kedalam bentuk binario de 4 bits. sebagai contoh, bilangan 3752 didalam bilangan desimal, akan diubah menjadi 0011 0111 091 009. Karena dianggap tidak efisien, yaitu hanya sanggup menampung data sebanyak 24 atau 16 karakter yang berbeda, maka sistem BCD ini kemudian disempurnakan dengan menggunakan 6-bit guna menyajikan data yang ada. Dengan demikian, data yang disajikan akan menjadi lebih banyak lagi, yaitu 26 atau sejumlah 64 karakter yang berbeda-beda. F. Sistema EBCDIC EBCDIC (código binario extendido del intercambio decimal codificado) menggunakan 8-bit guna menyajikan datos yang ada. Dengan adanya 8-bit ini, los datos del saja jumlah yang disajikan menjadi lebih besar, yaitu sebanyak 28 atau 256 kombinasi. 4 karakter yang berada disebelah kiri disebut sebagai zona-bits, dan 4 karakter sisanya disebut sebagai numérico bits. Kode-kode ini banyak digunakan oleh komputer IBM ataupun peralatan yang menggunakan standart IBM. gramo. Sistema ASCII ASCII (American Standart Code para Intercambio de Informaciones), menggunakan 7-bit guna menyajikan beberapa data. Sistem ini digunakan oleh beberapa pabrik komputer secar bersama-sama sehingga menghasilkan suatu standart yang baku untuk semua jenis komputer. Walaupun ASCII menggunakan kode de 7 bits. Tetapi dalam pelaksanaannya tetaplah 8-bits yang digunakan. Sebab masih menggunakan extra bit yang digunakan untuk mendeteksi pelbagai kesalahan yang timbul. MEMPERCEPAT KINERJA LINUX OS Telah kita ketahui bersama bahwa Microsoft Windows bisa di Ajustando guna meningkatkan performanya. Lalu bagaimana dengan Ubuntu Apakah kita bisa melakukan optimasi terhadap sistem Ubuntu guna meningkatkan Performa seperti hal-nya kita meningkatkan Performa dari Microsoft Windows dengan Bangga (maaf bila sedikit terkesan euforia), saya katakan, Ya, Kita bisa lakukan hal yang sama terhadap Ubuntu yang Kita Miliki Berikut langkah-langkahnya. Saat ini hampir semua server telah menggunakan IPv4, sehingga penggunaan IPv6 sudah kurang begitu efektif (jika tidak mau di bilang conflict). Efek yang paling terasa dari penggunaan IPv6 ini adalah lambatnya kinerja web browser pada saat kita berinternet. untuk mematikan fitur IPv6, bukalah terminal atau konsole dan ketikkan : sudo gedit /etc/modprobe. d/badlist ketikkan / isikan perintah berikut ini : alias net-pf-10 off setelah itu save amp exit, silahkan reboot Ubuntu anda untuk melihat perubahan efek nya. Matikan / Disable Swapping Bila computadora / computadora portátil memoria memoria 1 Gb atau lebih, kita bisa mematikan fitur yang dinamakan swappinguntuk menaikan performa ubuntu secara keseluruhan. Nilai intercambio en el hogar 0 sampai 100. pada nilai 100, kernel akan mencari programa yang tidak aktif dan akan hombres-swapp out-nya dari caché. Cara untuk menonaktifkan intercambiando ini adalah dengan cara. terminal de Buka dan ketikkan: sudo gedit línea /etc/sysctl. confscroll ke Bagian Bawah archivo dan masukkan berikut: Akhiri dengan menekan tombol guardar la salida de amplificador dan reiniciar LAH komputer Anda Untuk melihat efek dari perubahannya. Aktifkan / Enable Dual Core Procesadores Secara predeterminado Ubuntu tidak mengaktifkan Procesadores de doble núcleo, procesadores de doble núcleo y procesadores de menús. Agar Ubuntu mengaktifkan fasilitas atau feature Dual Core Processors ini, kita harus mengaktifkannya secara manual. Caranya buka terminal / konsole dan ketikkan: sudo gedit /etc/init. d/rc. Cari tulisan CONCURRENCYnone. Dan bila telah ketemu, ganti nilai ninguno menjadi CONCURRENCYshell. setelah itu klik save amp exit dan rebootkomputer untuk melihat perubahannya Speeed Up Ubuntu Menus Apakah anda merasa respon komputer sedikit lambat saat kita mengakses menu di Ubuntu. bila iya, kita bisa mempercepat loading menu dengan cara klik Places - gt Home Folder . Disini kita perlu untuk membuat satu buah archivo yang bernama. gtkrc-2.0. Caranya, klik área kanan di bebas di principal de la carpeta dan Selecciona Crear Documento - gt vacía de archivos dan nama beri / Renombrar dengan. gtkrc-2.0.Ingat, Jangan 2.0 gtkrc-archivo lupa Untuk memberi titik (.) di depan nama yang berarti tersebut nantinya Akan bersifat oculto Setelah itu klik 2x archivo pada. gtkrc-2.0 dan masukkan baris perintah inicio de sesión: gtk-menu-popup-delay0 Ahorrar salidas del amplificador. Anda harus Logout dan Login kembali untuk melihat efek perubahannya. Bila Ternyata je de calificación 0 terlalu cepat, Kita bisa menggantinya dengan je de calificación yang Lebih Tinggi misalnya 100. pada kasus yang Penulis coba, Penulis velocidad mendapatkan dengan ideales mengeset. gtkrc-2.0 dengan je de calificación 100. Dan apabila Ternyata Anda tidak menginginkan fungsi ini dikarenakan mungkin, komputer Anda menjadi tidak estabilidad atau mungkin tombol cierre di pojok kanan atas komputer anda jadi problema, anda dengan bebas dapat menghapus archivo. gtkrc-2.0 untuk kembali ke settingan awal sebelumnya. Masih banyak lagi tweaking yang akan saya jelaskan di lain kesempatan MEMPERCEPAT KINERJA WINDOWS OS Mempercepat kinerja komputer sangat diperlukan bagi kita yang sering bekerja dengan komputer. Ada kalanya es una lista de todos los usuarios de Windows Explorer. Namun di-sela sela keasyikan kita Untuk menelusuri carpeta dengan carpeta demi menggunakan el Explorador de Windows, fasilitas desplazamiento yang ada pada Explorador de Windows mengalami Macet dan begitu berat Serta Lamban, sehingga sulit Untuk menggulung Layar ke arah Bawah. Tentu kita akan merasa sangat jengkel dan merasa terganggu karena pekerjaan kita menjadi terhambat oleh lambatnya kinerja scrolling yang berat dan lamban. Ada kalanya juga komputer kita sering hank dan ngadat . Atau bahkan mati total Untuk menghindari hal-hal tersebut, Sobat bisa mengikuti puntas de los dedos berikut ini: Mempercepat Kinerja Windows XP: Mempercepat Kinerja Windows XP: Menonaktifkan atau mengurangi semua FITUR grafik dan efek di WinXP. Caranya. Klik kanan di Mi Computadora 8211 Propiedades 8211 Avanzado 8211 ada 3 configuración de menú 8211 pilih Configuración Rendimiento (paling atas). matikan semua fitur yang anda rasa tidak perlu dengan menghilangkan tanda centangnya atau anda bisa memilih adjust for best performance untuk menonaktifkan semuanya. Hapus Prefetch. Caranya. Klik-kanan menu inicio 8211 explorar 8211 ventanas 8211 Prefetch 8211 hapus semua yang ada di carpeta Prefetch tersebut. ini boleh anda lakukan setiap waktu bila isi folder Prefetch sudah banyak . Percepción del menú de inicio. Caranya. klik satrt 8211 ejecución 8211 regedit ketik 8211 klik OK 8211 masuk Editor del Registro 8211 klik-HKEYCURRENTUSER 8211 Panel de control 8211 de escritorio 8211 pada Jendela kanan doble klik MenuShowDelay 8211 datos ganti Valor yang defaultnya 400 menjadi 0 (NOL) 8211 klik Ok 8211 Editor Cerrar ¡Registro. Menonaktifkan start-up program yang tidak perlu. Caranya. klik start 8211 run 8211 ketik msconfig 8211 klik Ok 8211 masuk System Configuration Utility 8211 klik startup (kanan atas) hilangkan centang pada list program yang anda anggap tidak perlu-restart PC anda. Sesering mungkin mendefrag dan melakukan clean up. Terutama setelah hombres-descargar archivo yang cukup besar. Defragment ini juga bisa membersihkan hardisk dari data-data yang tidak berguna. Sehingga jika anda melakukan defragment hardisk ini akan menambah free spac penyimpananan hardisk anda. Caranya. My Computer - gt C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) - gt Klik Kanan - gt Properties - gt (tab) Tools - gt Defragment Now. Limpieza de disco ini akan membersihkan archivo-archivo bekas yang sudah tidak dibutuhkan lagi sehingga dapat menghemat espacio hardisk anda. Caranya. Mi PC - gt C: (sesuai dengan hardisk yang anda ingin bersihkan) - gt Klik Kanan - gt Propiedades - gt Disk Cleanup. Melakukan Tweaking dengan Software. Banyak software yang tersedia yang mampu meningkatkan performa komputer anda. Diantaranya Tune Up Utilidades, CCleaner, RegCleaner dan masih banyak lagi. Tools-tools tersebut juga bisa membersihkan registry anda dari kesalahan-kesalahan / Error. Anda dapat mencari sofware 8211 software tersebut di google maupun indowebster. Caranya. Mi PC - gt Klik Kanan - gt Propiedades - gt (Tab) Advance - gt (Performance - gt Setting) - gt Advanced - gt (Memoria Virtual - gt Change) Nah disitu ada bagian tamaño personalizado anda isi disitu sesuai dengan yang ada di Reccomended Mempercepat Kinerja Windows 7: Fuente Singkirkan yang tidak digunakan. Kecuali anda bekerja di bagian perceptakan, ada banyak sekali fuente yang tidak digunakan namun tetap di load saat anda menggunakan Windows 7 Untu menyingkirkan font yang tidak digunakan, ikuti langlah-langkah di bawah ini. Buat folder baru sebagai folder backup font. Buka control panel dan lanjutkan dengan membuka folder fonts. Pilih font yang tidak biasa anda gunakan dan pindahkan ke folder backup yang telah anda buat tadi. Jangan menghapus fuente yang tidak anda gunakan karena mungkin pada saat yang lain anda membutuhkannya. Jika ingin mengaktifkan fuente yang telah anda pindah, hanya perlu mengembalikannya ke carpeta semula. Percepat waktu booting . Sistema de ventanas 7 akan booting lebih cepat jika anda consejos menggunakan ini berikut. Klik start . lanjutkkan dengan mengetik msconfig pada Start Search dan tekan tombol enter. Klik tab Boot dan pergi ke bagian Opciones avanzadas. Ketik jumlah nomor processor yang digunakan saat proses pada kolom Number of Processors. Klik Aplicar y reiniciar el sistema para actualizar la efecknya. Nonaktifkan System Sound . Jika anda tidak tertarim menggunakan system sound, anda dapat menonaktifkannya dengan melakukan langkah di bawah ini. Hal ini akan mempercepat proses saat loading system. Klik start . lanjutkkan dengan mengetik mmsys. cpl pada Start Search dan tekan tombol enter. Buka tab Sound dan pilih No Sound pada pilihan yang ada. Aplicar ahora para reiniciar Windows 7 anda. Nonaktifkan Index Search di Windows 7. Inicio de la búsqueda, inicio de la búsqueda de mengetik services. msc pada Inicio Buscar dan tekan tombol enter. Cari Windows Search . klik kanan dan kemudian dan nonaktifkan service tersebut. Servicio Noaktifkan yang tidak digunakan. Beberapa servicio de ventanas masih berjalan pada sistema de meskipun kita sendiri tidak memerlukannya. Hal ini akan memakan memoria yang sebenarnya dapat digunakan untuk proses lain yang lebih penting. Untuk menonkatifkan service yang tidak digunakan, ikuti petunjuk berikut ini. Buka menú Inicio, Todos los programas dan kemudian lanjutkan ke Herramientas administrativas Opciones. Pilihan ini mungkin tidak ada jika y un login sebagai Invitado, bukan sebagai admin. Klik tab Advanced dan lihat nama service yang ada pada bagian bawah. Hilangkan tanda check-box pada service yang tidak digunakan dan biarkan service yang masih anda gunakan. Reinicie Windows 7 para actualizar su estado. Kurangi Start-up de Windows 7. Banyak apliaksi yang di-load secara otomatis oleh ventanas padahal anda sendiri jarang menggunakannya. Untuk menonaktifkan Start-up program, ikuti langkah berikut ini. Klik start, lanjutkkan dengan mengetik msconfig pada Start Search dan tekan tombol enter. Buka tab Startup. Noaktifkan puesta en marcha aplikasi yang tidak digunakan dan reiniciar windows 7 anda. Dari consejos y consejos para la solución de problemas para el sistema de almacenamiento de datos y sistemas de almacenamiento de datos. Ikuti tips-tips selanjutnya.

No comments:

Post a Comment